Jumat, 09 November 2012

7 TIPS BELAJAR RENANG DEWASA

Belajar Renang Untuk Orang Dewasa (Part 1)

 Menurut sebuah penelitian, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik karena renang melibatkan seluruh anggota tubuh atau dengan kata lain seluruh tubuh aktif bergerak. Namun kendalanya, olahraga ini perlu kemampuan khusus sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi menurut saya, asalkan ada niat, renang bisa dipelajari. Seperti saya yang baru belajar berenang saat usia saya 23 tahun. Eits, bisa dipastikan saya tidak salah ketik. Dua puluh tiga tahun ! Tidak sampai mahir sekali memang, hanya 1 gaya dada, tapi at least bisa. Gaya gaya yang lain sepertinya masih bisa dipelajari sambil jalan. Berikut tipsnya
Langkah 1 : Kuatkan tekad
Ada lebih banyak alasan bagi orang dewasa untuk tidak belajar renang, yang utama biasanya adalah rasa malu (terutama bila dilihat anak kecil yang sudah bisa berenang jadi tengsin sendiri). Percayalah akan satu hal, anda bukan satu-satunya orang dewasa yang baru belajar berenang, jadi sebenarnya teman anda banyak, tidak perlu malu. Anda akan melihat hal tersebut bila sudah seringkali ke kolam renang.
Kemudian carilah alasan penguat tekad lainnya. Untuk saya saat itu adalah anak. Saya takut bila mengajak anak bepergian lewat transportasi air (yang cukup banyak di kota saya Banjarmasin) bila ia kecebur tak mampu menolong. Saya juga takut ia tidak bisa berenang karena bapaknya tidak bisa berenang.
Langkah 2: Pergi ke kolam renang
Anda tidak berharap bisa berenang hanya dengan membaca teknik berenang bukan? Jadi pergilah kekolam renang. Datanglah pagi-pagi, karena biasanya orang belum terlalu banyak (saya selalu datang jam 7 pagi). Masuklah ke air dan nikmati.
Peringatan : Karena anda belum bisa berenang maka penting bagi anda untuk memastikan keamanan. Pastikan anda berada di wilayah yang kedalamannya masih memungkinkan anda untuk berdiri dengan aman dengan kepala di udara untuk bernafas.
Untuk tahap awal ini saya menyarankan sekitar kedalaman sepinggang hingga setinggi dada. Cobalah untuk memasukkan kepala anda sebentar-sebentar kedalam air, hanya untuk membiasakan saja. Berpeganglah di tepi kolam renang dengan gaya superman terbang (posisi badan horinzontal) untuk merasakan daya apung tubuh anda sambil mengerakkan kaki. Hari pertama cukup lakukan ini, tidak perlu terburu-buru.
Langkah 3: Menemukan daya apung tubuh anda
Percayalah, tubuh manusia mengapung di dalam air. Kenyataannya, akan lebih susah untuk tenggelam dari pada timbul di dalam air. Setelah anda mulai bisa berenang, anda akan mengetahui untuk menyelam lebih susah daripada untuk mengapung.
Yang perlu diperhatikan kata kunci disini adalah anda mengapung di dalam air, bukan dipermukaannya. Hanya sebagian kecil dari tubuh kita yang muncul diatas permukaan air. Saya menemukan daya apung tubuh saya, bila melayang di air, adalah dari atas kepala hingga sedikit dibawah mata, dengan demikian dari bawah mata hingga keujung kaki berada dibawah air. Eksplorasilah daya apung tubuh anda sendiri (jangan khawatir, anda yang bertubuh gemuk justru memiliki daya apung yang lebih besar).
Bagaimana cara mengetahui daya apung tubuh anda? Carilah kolam renang dengan kedalaman kurang lebih dada/dagu anda. Merapatlah ketepinya dengan tubuh menghadap dinding. Berpeganganlah ketepi kolam. Perlahan-lahan masukan tubuh anda ke dalam air dengan menekukkan kaki anda hingga kaki anda melayang di atas lantai kolam. Anda tidak perlu menahan napas. Setelah tubuh anda masuk kedalam air, lepaskan pegangan tangan anda. Biarkan tubuh anda melayang di dalam air beberapa saat sampai menemukan titik keseimbangannya. Setelah beberapa saat anda mengetahui sampai dimana daya apung tubuh sendiri.
Sudahkah anda menemukan daya apung tubuh anda? Gagal? Kenapa? Karena anda keburu panik sehingga memutuskan berdiri untuk mengambil napas?
Inilah rintangan yang pertama saya temui. Kebanyakan orang yang belum bisa berenang akan panik jika mukanya (terutama hidung) masuk kedalam air. Anda terlalu singkat di dalam air, sehingga belum benar-benar menemukan daya apung tubuh.
Untungnya saya akhirnya menemukan alat bantu yang pas. Apakah itu pelampung? Bukan, dalam belajar saya tidak menggunakan pelampung sama sekali. Pelampung memang akan membantu anda untuk timbul di dalam air dengan memperbesar daya apung tubuh. Namun itu bukan daya apung tubuh sendiri. Yang kita perlukan adalah menemukan daya apung itu tanpa bantuan apapun.
 Alat itu adalah snorkel (alat menyelam sederhana yang terdiri dari mask dan pipa bernapas). Belilah snorkel yang bagus, memang lumayan mahal tapi siapa tau anda akan melanjutkan hobi ini dengan snorkling di taman laut suatu hari nanti.  Ikuti petunjuk pemakaiannya. Biasakan bernapas lewat mulut melalui pipa tersebut. Coba juga untuk membuang air yang masuk pipa dengan menghembuskannya kuat-kuat (seperti ikan paus).
Setelah terbiasa, coba ulangi langkah menemukan daya apung tubuh diatas. Kabar baiknya, dengan bantuan pipa yang jauh menjulang diatas kepala, anda tidak perlu khawatir tentang bernapas. Masukkan tubuh anda kedalam air, santai saja, bernapaslah biasa. Bertahanlah cukup lama di dalam air dan biarkan tubuh anda melayang. Sudah? Lebih enakkan dengan adanya alat bantu ini. Anda bahkan dapat melihat-lihat sekeliling di dalam air. Cobalah sedikit mengerakkan kaki dan tangan dalam kondisi tubuh melayang ini. Putarlah posisi tubuh anda hingga membelakangi dinding kolam.
Dalam menemukan daya apung tubuh ini yang utama adalah jangan panik. Biasanya setelah menemukan daya apung tubuh anda, kepercayaan diri akan sedikit naik dan anda mulai menikmatinya.

Belajar Renang Untuk Orang Dewasa (Part 2)

Sudah menemukan daya apung tubuh anda? Sekarang saatnya melangkah lebih jauh. Dalam belajar renang untuk orang dewasa bagian kedua ini saya ingin membagi pengalaman bagaimana caranya mulai bergerak di air, tentu saja masih menggunakan snorkel sebagai alat bantu.
Langkah 1: Melayang seperti superman.
Untuk tahap ini carilah posisi agak sedikit ketengah kolam namun masih pada kedalaman yang memungkinkan anda untuk berdiri dilantai dan bernapas (misalnya bagian kolam dengan kedalaman setinggi dada anda). Kenakan snorkel anda dengan baik, cobalah dulu dengan menenggelamkan kepala anda ke air. Bila anda sudah merasa nyaman di dalam air, dapat bernapas dengan leluasa melalui pipa snorkel dan tidak ada air yang masuk kedalam mask, artinya anda sudah siap.
Ambillah gerakan membungkuk dengan posisi tangan menjulur seakan ingin menyentuh kaki. Usahakan tubuh anda luwes dan tidak kaku. Jangan melawan gaya apung air dalam proses ini, tapi bekerjasamalah. Dalam pengalaman saya, bila dilakukan dengan benar, kaki anda angkat terangkat dari permukaan air, dan anda akan melayang. Nikmatilah sesaat posisi ini, sambil mengatur napas dengan baik.
Sudah siap untuk posisi berikutnya? Angkat tangan dan kaki anda hingga tubuh anda membentuk garis lurus sejajar dengan permukaan air (posisi tangan menjulur kedepan). Posisi ini menyebabkan tubuh anda tertelungkup dengan muka berada didalam air menghadap dasar kolam. Anda akan melayang seperti posisi superman saat terbang, namun bedanya anda berada di dalam air (ingat anda mengapung di dalam air, bukan dipermukaannya). Cobalah bernapas dengan normal melalui pipa snorkel, hingga terbiasa.
Tubuh anda tidak mengapung dengan benar? Kaki anda cenderung turun ke bawah? Cobalah untuk tidak mengangkat kepala anda, kepala anda harus menatap lantai kolam renang. Kepala yang terangkat, mendongak, atau berusaha melihat kedepan menyebabkan posisi keseimbangan tubuh berubah sehingga kaki turun.
Langkah 2: Bergerak di air.
Dalam posisi seperti superman terbang, cobalah gerakkan tangan dan kaki anda. Eksplorasilah gerakan yang mana dapat memberikan daya dorong. Gerakan seperti kaki berjalan adalah langkah awal yang baik untuk eksplorasi. Coba variasikan juga dengan gerakan tanggan (seperti gerakan kedua tangan saat menyibak gorden).
Lebih lanjut anda perlu belajar gaya dada. Saya menganjurkan anda untuk belajar gaya dada untuk pertama kali, karena gaya dada adalah gaya yang paling santai dan tidak menguras tenaga, sehingga anda dapat menempuh jarak yang cukup jauh tanpa harus kelelahan dan kehabisan napas. Untuk referensi belajar gaya dada dapat di search di situs youtube (www.youtube.com). Carilah dengan menggunakan kata kunci breast stroke. Pelajarilah gerakannya karena gerakan yang benar akan membantu anda untuk bergerak secara efektif serta memberikan daya apung bagi tubuh.
Secara umum gerakan gaya dada terdiri atas tiga tahapan yakni meluncur, mengayuh (dengan tangan) dan menendang (gerakan kaki). Biasanya pengambilan napas dilakukan saat anda memulai tarikan tangan. Tapi karena disini anda menggunakan snorkel, jadi untuk saat ini anda tidak perlu memikirkan soal mengangkat kepala kepermukaan air untuk bernapas. Berlatihlah untuk mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki agar anda dapat bergerak dengan baik.  Kepala anda tetap dibawah air, dan bernapaslah dengan pipa snorkel. Latih gerakan ini santai saja.
Perhatian
Sebelum anda berenang, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1.        Orang yang paling mahir berenang pun bisa tenggelam, Jadi tetaplah waspada dan bijaksana. Kenali kolam renang anda terlebih dahulu. Dimana bagian yang dalam, dimana bagian yang licin. Sikap hati-hati tetap perlu diutamakan.
2.        Pastikan juga kolam renang ada yang mengawasi. Anda bisa mengajak teman, ataupun memastikan ada penjaga kolam renang yang mengawasi.
3.        Untuk tahap awal sebelum bisa berenang, tetaplah berada di bagian kolam yang memungkinkan anda untuk bernapas dengan bebas. Jangan terlalu dangkal jangan terlalu dalam.
4.        Lakukan pemanasan secukupnya dan jangan berenang paling tidak sejam setelah makan.
5.        Kenakanlah pakaian renang yang pantas dan nyaman.
Cara ini cukup berhasil bagi diri saya. Namun saya bukan perenang ahli, kenyataannya saya adalah pemula yang menjadikan renang sebagai olahraga selingan dan rekreasi. Jadi saya tidak mengatakan cara saya tepat, jadi modifikasilah sesuai kebutuhan anda.

Belajar Renang Untuk Orang Dewasa (Part 3)

Sudah menemukan daya apung tubuh anda? Sekarang saatnya melangkah lebih jauh. Dalam belajar renang untuk orang dewasa bagian kedua ini saya ingin membagi pengalaman bagaimana caranya mulai bergerak di air, tentu saja masih menggunakan snorkel sebagai alat bantu.
Langkah 1: Melayang seperti superman.
Untuk tahap ini carilah posisi agak sedikit ketengah kolam namun masih pada kedalaman yang memungkinkan anda untuk berdiri dilantai dan bernapas (misalnya bagian kolam dengan kedalaman setinggi dada anda). Kenakan snorkel anda dengan baik, cobalah dulu dengan menenggelamkan kepala anda ke air. Bila anda sudah merasa nyaman di dalam air, dapat bernapas dengan leluasa melalui pipa snorkel dan tidak ada air yang masuk kedalam mask, artinya anda sudah siap.
Ambillah gerakan membungkuk dengan posisi tangan menjulur seakan ingin menyentuh kaki. Usahakan tubuh anda luwes dan tidak kaku. Jangan melawan gaya apung air dalam proses ini, tapi bekerjasamalah. Dalam pengalaman saya, bila dilakukan dengan benar, kaki anda angkat terangkat dari permukaan air, dan anda akan melayang. Nikmatilah sesaat posisi ini, sambil mengatur napas dengan baik.
Sudah siap untuk posisi berikutnya? Angkat tangan dan kaki anda hingga tubuh anda membentuk garis lurus sejajar dengan permukaan air (posisi tangan menjulur kedepan). Posisi ini menyebabkan tubuh anda tertelungkup dengan muka berada didalam air menghadap dasar kolam. Anda akan melayang seperti posisi superman saat terbang, namun bedanya anda berada di dalam air (ingat anda mengapung di dalam air, bukan dipermukaannya). Cobalah bernapas dengan normal melalui pipa snorkel, hingga terbiasa.
Tubuh anda tidak mengapung dengan benar? Kaki anda cenderung turun ke bawah? Cobalah untuk tidak mengangkat kepala anda, kepala anda harus menatap lantai kolam renang. Kepala yang terangkat, mendongak, atau berusaha melihat kedepan menyebabkan posisi keseimbangan tubuh berubah sehingga kaki turun.
Langkah 2: Bergerak di air.
Dalam posisi seperti superman terbang, cobalah gerakkan tangan dan kaki anda. Eksplorasilah gerakan yang mana dapat memberikan daya dorong. Gerakan seperti kaki berjalan adalah langkah awal yang baik untuk eksplorasi. Coba variasikan juga dengan gerakan tanggan (seperti gerakan kedua tangan saat menyibak gorden).
Lebih lanjut anda perlu belajar gaya dada. Saya menganjurkan anda untuk belajar gaya dada untuk pertama kali, karena gaya dada adalah gaya yang paling santai dan tidak menguras tenaga, sehingga anda dapat menempuh jarak yang cukup jauh tanpa harus kelelahan dan kehabisan napas. Untuk referensi belajar gaya dada dapat di search di situs youtube (www.youtube.com). Carilah dengan menggunakan kata kunci breast stroke. Pelajarilah gerakannya karena gerakan yang benar akan membantu anda untuk bergerak secara efektif serta memberikan daya apung bagi tubuh.
Secara umum gerakan gaya dada terdiri atas tiga tahapan yakni meluncur, mengayuh (dengan tangan) dan menendang (gerakan kaki). Biasanya pengambilan napas dilakukan saat anda memulai tarikan tangan. Tapi karena disini anda menggunakan snorkel, jadi untuk saat ini anda tidak perlu memikirkan soal mengangkat kepala kepermukaan air untuk bernapas. Berlatihlah untuk mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki agar anda dapat bergerak dengan baik.  Kepala anda tetap dibawah air, dan bernapaslah dengan pipa snorkel. Latih gerakan ini santai saja.
Perhatian
Sebelum anda berenang, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1.    Orang yang paling mahir berenang pun bisa tenggelam, Jadi tetaplah waspada dan bijaksana. Kenali kolam renang anda terlebih dahulu. Dimana bagian yang dalam, dimana bagian yang licin. Sikap hati-hati tetap perlu diutamakan.
2.    Pastikan juga kolam renang ada yang mengawasi. Anda bisa mengajak teman, ataupun memastikan ada penjaga kolam renang yang mengawasi.
3.    Untuk tahap awal sebelum bisa berenang, tetaplah berada di bagian kolam yang memungkinkan anda untuk bernapas dengan bebas. Jangan terlalu dangkal jangan terlalu dalam.
4.    Lakukan pemanasan secukupnya dan jangan berenang paling tidak sejam setelah makan.
5.    Kenakanlah pakaian renang yang pantas dan nyaman.
Cara ini cukup berhasil bagi diri saya. Namun saya bukan perenang ahli, kenyataannya saya adalah pemula yang menjadikan renang sebagai olahraga selingan dan rekreasi. Jadi saya tidak mengatakan cara saya tepat, jadi modifikasilah sesuai kebutuhan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar